Paul Tobing On Knowledge

About Paul Lumbantobing

 

Paul Lumbantobing, lahir di Tarutung,  merupakan putra bungsu dari St. Johan L. Tobing (alm) yang merupakan salah satu putra Batak pertama yang berkarir sebagai anggota manajemen dari perusahaan asing/Jerman yaitu Hennemann AG sebelum perang dunia kedua.

 

Riwayat pekerjaannya sangat bervariasi. Setelah lulus dari FT USU jurusan Teknik Elektro tahun 1987, dia mengajar di Politeknik USU sampai akhir tahun 1990. Sesudah bergabung dengan PT. Telkom tahun 1991 langsung ditugaskan di STT Telkom yang saat itu baru beberapa bulan didirikan. Sebagai Kepala Seksi Bina Program dan Pengembangan STT Telkom waktu itu, dia berperan dalam pengembangan STT Telkom yang saat itu sangat progresif.

 

Kemudian tahun 1993 mengikuti program TAC-3 (Technical Assistance Centre) di Siemens, Munich, Jerman, melalui seleksi yang ketat. TAC-3 merupakan spesialis tertinggi dalam bidang Sentral, karena operator biasanya hanya memiliki TAC-1. Sepulang dari Jerman, tahun 1994 dia bekerja di Direktorat Operasi Telkom, khususnya menangani Switching dan Signaling dan merintis program training bidang SDE (Small Digital Exchange) yang sebelumnya harus dilakukan oleh Siemens.

 

Pada tahun 1996 mengikuti training tentang Marketing & Product Management di University of Rhode Island dan AT&T School of Business dan dilanjutkan dengan program internship training, di Bell Labs AT&T, Naverpille Illionis USA. Program ini merupakan titik balik bagi dia, untuk mulai lebih giat menggeluti bidang manajemen dari pada bidang teknik.

 

Tahun 1997 mendapat kesempatan studi lanjut dengan biaya dari Telkom di bidang Engineering Management pada University of Technology, Sydney, Australia. Oleh karena memiliki latar belakang teknik, perusahaan sempat mengarahkan dia untuk menggeluti bidang engineering murni. Tetapi karena minat terhadap bidang manajemen sudah mulai tumbuh, dia berkeras untuk mengambil “jalan tengah” yaitu program Engineering Management, dimana disitu dipelajari System Engineering, IT Management dan Quality Planning & Analysis, sedangkan dari aspek manajemen dipelajari Strategic Management, Systems Thinking, Operation Management, People Management, Product Management dan Organization Development & Design.

 

Pada akhir tahun 1998 ditugaskan membentuk Unit Manajemen Fraud di Divisi Regional II Jakarta, yang merupakan Unit Manajemen Fraud pertama di Telkom.  Saat itu Unit Manajemen Fraud Divre-II, menjadi model bagi pembentukan Unit Fraud di berbagai divisi di lingkungan Telkom.

 

Kemudian tahun 2000 dia menjabat sebagai Kepala Sub Dinas Pengembangan Network sampai menjadi  Manajer Network Area Kota – Jakarta pada tahun 2004. Pada saat menangani pengembangan network Jakarta, dia sukses memimpin tim untuk meningkatkan integrasi system signaling CCS#7, yang waktu itu penetrasinya sangat rendah (dibawah 50%), sehingga penetrasi CCS#7 dalam network Jakarta mencapai lebih dari 90%. Disamping itu dia berhasil mengkoordinir  penataan konfigurasi jaringan yang waktu itu sangat sulit dan merancang SDHnisasi network Jakarta dengan melakukan migrasi jaringan yang masih menggunakan teknologi lama PDH.

 

Dalam bidang Knowledge Management, dia merupakan salah satu perintis implementasi KM di Telkom ketika  bergabung dengan Corporate Transformation Group (CTG) tahun 2004.  Untuk itu dia mengikuti berbagai forum, pelatihan, program sertifikasi dan lokakarya di dalam maupun di luar negeri, seperti , Konferensi Hong Kong KM Society,  Certified Knowledge Manager (CKM) dari The International KM Institute, Lokakarya KM di Dunamis Organization Services, Kongres Intellectual Capital di Belanda dan World Knowledge Forum dan Mini MBA INSEAD.

 

Tahun 2005-2011 menjabat sebagai Senior Officer Knowledge Management System Development yang menjadi bagian dari Departemen Corporate Affair PT. Telkom. Selain itu, saat ini dia aktif sebagai pembicara dalam berbagai seminar tentang KM di internal dan eksternal Telkom seperti di SBM ITB, LIPI, UNPAD, National Productivity Organizaion, Pertamina, KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Badan Usaha Swasta dan LSM. Untuk konferensi Intellectual Capital Eropa yang dilaksanakan pada tahun 2009, dia masuk sebagai anggota Program Committee dan mempresentasikan pemikirannya di European Conference on Intellectual Capital pada tahun 2010 (Lisbon) dan 2011 (Nicosia).

Tahun 2011-2014 menjabat sebagai Koordinator IPO PT Dayamitra Telekomunikasi. Pada tahun 2014 beliau dikukuhkan sebagai Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Padjadjaran dan pada tahun yang sama beralih jabatan menjadi Vice President Business Performance PT Dayamitra Telekomunikasi, sampai saat ini,

 

Sewaktu mahasiswa, pemikirannya pernah dimuat di Sinar Indonesia Baru dan Majalah Femina. Sesudah bekerja dia secara rutin menyampaikan pemikirannya di buletin internal Telkom dan di media lainnya seperti Harian Kompas, Pikiran Rakyat Bandung, dan Batak Pos.  Pada tahun 2007, dia menerbitkan buku karyanya yang berjudul ”Knowledge Management : Konsep, Arsitektur dan Implementasi”. Pada tanggal 25 Oktober 2007 bersama Prof. Dr. Jann Hidajat dan pendiri lainnya mendirikan KMSI (Knowledge Management Society Indonesia). Pada akhir tahun 2010 dia menerbitkan buku keduanya yang berjudul: Manajemen Knowledge Sharing Berbasis Komunitas yang diterbitkan KMSI. 

Menyukai membaca, menulis, musik (mampu memainkan piano secara otodidak), jalan kaki, naik sepeda, dan hiking. Dalam organisasi dia pernah tercatat sebagai Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan DPD SEKAR Kantor Pusat Telkom.

 

Menikah dengan dr. Sarah Siagian dan dikaruniai tiga anak yaitu Felicia Tobing,  Michael Tobing dan Calvin Tobing.

 

Kalau ditanya bagaimana dia menjelaskan dirinya, maka dia akan berkata :

Saya menyukai menelusuri hal-hal yang baru dan unknown serta melakukan petualangan intelektual. Tidak ”tahan” mengerjakan hal yang sama secara berulang-ulang dalam waktu yang lama. Bukan orang yang bersih, tetapi berusaha mengejar integritas dan integritas bagi saya bukan tujuan tetapi lebih sebagai perilaku.

 

Untuk Contact :

Email : paul.lumbantobing@gmail.com

Blog : http://www.onknowledge.wordpress.com

 

11 Responses to "About Paul Lumbantobing"

Salam Kenal, Pak Tobing. Semoga saya bisa banyak belajar dari Bapak🙂

Ya Pak Julian saya juga perlu belajar dari Anda. Tks

Dalam pengamatan saya….. eeeeh sorry cocoknya… penglihatan saja yaaa,…karena melihat lebih berani daripada hanya mengamati…. karena sudah cukup banyak pengamat jadi terlalu politis………ok.

………….setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun, terlalu banyak perihal sederhana hingga hal yang paling rumit dalam upaya meng-sejahtera-kan Bangsa Indonesia sulit untuk dikelola. Karean semua ide baik akan adanya pengetahuan tidak diawali dari dukungan pada etika dan kejujuran. Termasuk perubahan dari hati nurani untuk lebih bersih dalam mengabdi terhadap menuntaskan kebodohan (Sangat liar dan haus untuk mencari pengetahun dari ketiadaan pengetahuan, tapi bukan untuk pembodohan terhadap orang-orang disekitarnya) contoh lihat-berbagai kasus berbagai penipuan terhadap konsumen oleh semua golongan mulai dari kelas bawah yang dilakukan oleh pribadi masyarakat (pengusaha kecil), hingga pada perusahaan dengan organisasi dan skala besar berbentuk lembaga atau perusahaan terbuka, yang secara terbuka dan terang-terangan bahkan berani melakukan penipuan atau tipu daya untuk mencari keuntungan, dengan berbagai alasan tanpa ada rasa takut dan merasa bersalah.

LEBIH MURAH
(KURANGI UKURAN, TAKARAN, TIMBANGAN, STANDAR, MUTU, DLL )

MAKANAN LEBIH AWET
(TAMBAHKAN PEWARNA, BAHAN KIMIA, PELEMBUT, PENGERAS, DLL);

LEBIH EFISIEN
(HEMAT, GRATIS JAM…,HANYA…, SYARAT BERLAKU, ……..1 MENIT ……17 JAM…)
DLL.

Semuanya cukup sederhana hanya dengan alasan STRATEGI MARKETING, DAYA TARIK MARKETING, MENGATASI KRISIS,MENYESUAIKAN TERHADAP PERUBAHAN atau menurut penglihatan dan istilah saya kalau ditanya oleh malaikat surga BANGSA INI PASTI PALING BANYAK MENUJU NERAKA KARENA SUDAH LEBIH BANYAK YANG FRUSTASI KARENA DUSTA DIANTARA KITA

Semoga Blog
“PAUL TOBING ON KNOWLEDGE”

di hits oleh banyak kalangan dalam dua kategori

“KAYA AKAN PENGETAHUAN tapi MISKIN ETIKA DAN KEJUJURAN”

atau
“KAYA AKAN ETIKA DAN KEJUJURAN tapi MISKIN DAN DANGKAL AKAN PENGETAHUN.

Sebagai gerakan massal dari bangsa ini untuk mengentaskan keterpurukan guna meningkatkan kesejahteraan melalui KNOWLEDGE.

Horas.

Terima Kasih Bang…
Semoga blog ini menjadi berkat bagi pembacanya

Numpang baca blog dulu. Blum bisa berkomentar banyak.
Jangan pernah surut…ayo cerdaskan bangsa ini.

mana komentarnya??? sudah lebih dua tahun di tunggu

Salam kenal Pak Tobing. Saya sangat antusias membaca buku bapak KM: Konsep, Arsitektur dan Implementasi. Berkenan jika bapak bisa menjadi pembimbing saya dalam penyusunan proposal disertasi saya terkait KM in Public Sector. Terima kasih (Pak Aan di NTB)

Maaf sepertinya sulit memenuhinya…karena kita berada di kota yg berbeda…semoga tugasnya sudah selesai dgn berhasil. Salam

Horas lae Paul. bangga memiliki teman yg sukses spt Lae. Selamat menjadi DOKTOR Manajemen.

Horas Lae Rasional…

Pak Tobing,

terima kasih pak, saya juga telah baca buku terbitan bapak.
beberapa tulisan saya juga mengacu ke referensi bapak.
skripsi: KM pada Perbankan.
tesis: Dukungan Leadership dan IT pada KM.
paper scopus elsevier: Dukungan KM pada ERP.

saya izin mungkin sesekali akan coba kirim ke email personal bapak untuk meminta saran terkait rencana penelitian saya ke depan dalam bidang KM.

salam kenal.
Saide. Riau.
Sedang dual degree master di NTUST Taiwan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: